Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 3 (2022)

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Nursyahda Nursyahda (Universitas Halu Oleo)
Zamsir Zamsir (Universitas Halu Oleo)
Busnawir Busnawir (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kendari tahun ajaran 2020/2021 dengan kategori siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Siswa kategori baik, mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa/simbol matematika,  menjelaskan ide, situasi, relasi matematika secara lisan atau tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar, mampu mempresentasikan matematika tertulis, kurang lengkap membuat pertanyaan. Siswa kategori sedang cukup mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa/sombol matematika, belum paham konsep mencari harga setelah diskon, belum mampu menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara lisan atau tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar.Mampu presentasi matematika tertulis, kurang lengkap menyusun pertanyaan. Kategori rendah tidak mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa/simbolkan matematika, tidak mampu menjelaskan ide, situasi, relasi matematika secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar dan aljabar, mampu  mempresentasikan matematika tertulis, kurang lengkap membuat pertanyaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...