Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 3 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATAP 1 NAPANO KUSAMBI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL

Nur Eli (Universitas Halu Oleo)
Fahinu Fahinu (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN Satap 1 Napano Kusambi dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial, dan (2) mengidentifikasi faktor penyebab siswa kelas VII SMPN Satap 1 Napano Kusambi melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aritemetika sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Dilaksanakan di SMPN Satap 1 Napano Kusambi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.1 sebanyak 4 orang yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab tes, dan variasi kesalahan yang dilakukan.Hasil penelitian menyimpulkan kesalahan yang dilakukan, meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan operasi dan kesalahan prosedur. Kesalahan tersebut disebabkan karena: (a) Siswa kurang paham dengan konsep soal, sehingga siswa susah menentukan rumus yang akan digunakan, (b) Guru tidak menjelaskan secara menyeluruh tentang prosedur dalam menyelesaikan soal, seperti penulisan simbol, (c) Siswa tidak memahami materi aritmetika sosial, (d) Kemampuan dasar matematika siswa masih kurang, dan (e) Minat belajar matematika siswa masih sangat rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...