Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 3 (2022)

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA GIAT BANGUN NEGERI BOMBANA

Arisandi Arisandi (Unknown)
Hafiluddin Samparadja (Unknown)
Arvyaty Arvyaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa yang dilakukan siswa kelas VII SMP Swasta Giat Bangun Negeri Bombana dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar dan mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kelas VII SMP Swasta Giat Bangun Negeri Bombana melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Swasta Giat Bangun Negeri Bombana sebanyak 25 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi dan  faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam menjawab soal, siswa tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga siswa tidak tahu bagaimana cara menjawab soal tersebut, siswa keliru dalam menuliskan satuan, siswa keliru dalam operasi perkalian bentuk aljabar dan siswa tidak tahu cara menuliskan soal cerita kedalam model matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...