Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang memberikan kepedulian sosial perusahaan dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Sudah banyak studi terkait dampak CSR terhadap naiknya citra positif perusahaan di masyarakat maupun dampak positifnya bagi kemajuan sosial masyarakat dan lingkungan hidup. Namun jarang perhatian yang diberikan untuk melihat dampak CSR bagi lingkungan intern perusahaan, khususnya karyawan. Padahal CSR juga mengambil peran yang tidak kecil dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan melalui rasa memiliki yang tinggi yang diakibatkan oleh rasa bangga terhadap kontribusi perusahaan bagi kemajuan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengelaborasi persepsi karyawan terhadap program CSR perusahaan dan kaitannya dengan identifikasi mereka terhadap perusahaan. Jumlah partisipan adalah 19 orang karyawan dari perusahaan yang bekerja di Kalla Group. Kuesioner dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya rasa bangga terhadap kontribusi positif perusahaan bagi masyarakat luas dan menjadi nilai positif karena menjadi bagian dari perusahaan yang dapat dibanggakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut program CSR menurut persepsi karyawan dianggap penting dan bermanfaat sehingga kedepan program-program semacam itu harus terkonsep dengan baik dan berkesinambungan sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan dimata masyarakat.
Copyrights © 2022