Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Mengusut Aspek Regulasi Perilaku Dalam Self Regulation Learning Untuk Mengurangi Academic Burnout Mahasiswa

Kartin Aprianti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
Mashun Mashun (STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Memperkuat aspek regulasi perilaku dalam self regulation learning membuat mahasiswa mampu belajar mandiri dengan baik dan terhindar dari sindrom burnout . Academic burnout yang dialami mahasiswa dapat berdampak pada proses serta hasil pembelajaran dan lebih jauh lagi pada prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aspek regulasi perilaku yang merupakan bagian dari self regulation learning dengan academic burnout pada mahasiswa aktif di Kota Bima. Jenis riset ini adalah korelasional. Populasi dalam riset ini adalah seluruh mahasiswa yang sedang menjalani studinya pada perguruan tinggi di wilayah Kota Bima. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek regulasi perilaku memiliki hubungan dengan arah negatif signifikan terhadap academic burnout yang artinya semakin tinggi aspek regulasi perilaku mahasiswa dalam aktivitas belajarnya maka akan semakin rendah academic burnout yang dimilikinya. Aspek regulasi perilaku dalam self regulation learning memberikan pengaruh dalam mengurangi academic burnout sebesar 40,7%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...