Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 2 (2022): Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENERAPAN GOAL ORIENTED EVALUATION MODEL PADA PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

Ambarita, Jenri (Unknown)
Talimbung, Vera (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Pelatihan modul ajar merupakan agenda penting dalam implementasi kurikulum merdeka. bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pelatihan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi yang mengadobsi metode yang dikembangkan oleh Tyler dengan langkah-langkah 1) Penetapan tujuan umum kegiatan, 2) Mengklasifikasikan tujuan, 3) Merumuskan Tujuan, 4) Menentukan waktu pencapaian tujuan, 5) Memilih dan mengembangkan teknik penilaian yang tepat, 6) Mengumpulkan data dan 7) Menganalogikan atau membandingkan data dengan tujuan. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokuemntasi dan pretest dan post-test, dan juga telaah dokumen terhadap modul ajar yang dihasilkan oleh para peserta kegitan. Adapun jumlah peserta terdiri dari 243 orang guru pendidikan agama Kristen yang dijadikan sebagai sample dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selamam proses pelatihan mulai 29 Juli – 03 Agustus 2022. Seluruh data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyusun modul ajar. Dengan demikian disimpulkan bahwa pelatihan telah berhasil dilaksanakan karena peserta mampu menghasilkan modul ajar pada akhir kegiatan sesuai dengan ketentuan Kemendikbud

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educandum

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Lingkup jurnal Lektur Keagamaan meliputi 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan ...