Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

Pengembangan Wisata Alam Berbasis Edukasi melalui Guide Spesifikasi Agroekosistem

Sugiarto (Universitas Islam Malang)
Muhammad Yusril In’am (Universitas Islam Malang)
Prayogo Sulistyono (Universitas Islam Malang)
M. Iqbal Nasrullah (Universitas Islam Malang)
Risha Salsa Bila (Universitas Islam Malang)
Isna Khofifah Assyfa’ (Universitas Islam Malang)
Aziza Rifki Firdaus (Universitas Islam Malang)
Tivanly Yusril Indirwan (Universitas Islam Malang)
Rifqi Ridha (Universitas Islam Malang)
Ikhwan Alwan (Universitas Islam Malang)
Risal Arfandi (Universitas Islam Malang)
Alfi Arifin (Universitas Islam Malang)
Ika Andryanti (Universitas Islam Malang)
Rose Novita Sari Handoko (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Wisata edukasi merupakan cara pengembangan untuk menarik simpati pengunjung dalam menikmati tempat wisata dan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan bisa secara langsung maupun tidak langsung. Tujuannya untuk menambah wawasan para wisatawan, untuk meningkatkan pengetahuan agroekosistem wisatawan Mahoni Dempok Gampingan Pagak. Penelitian ini diharapkan memberi manfaat berupa keindahan, kenyamanan, dan pengetahuan bagi masyarakat sekitar dan pengunjung. Fungsi wisata ini sebagai sarana rekreasi dan edukasi. Metode pengambilan sampel data menggunakan metode Participation Action Research (PAR), sedangkan pada analisis data persepsi masyarakat mengenai pengembangan Wisata Alam Berbasis Edukasi dihitung dengan skor likert pada setiap pertanyaan. Masyarakat dan pengunjung setuju akan pentingnya pengembangan wisata alam berbasis edukasi. Pengembangan wisata berbasis edukasi ini dapat berupa adanya pemandu wisata spesifikasi agroekosistem. Secara umum respon dari pengunjung, pengelola wisata dan masyarakat sekitar sangat memberi apresiasi terhadap keberadaan guide spesifikassi yang dapat memberi pengetahuan secara ilmiah suatu tanaman, taksonomi, morfologi, fungsi dan manfaatnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...