Tujuan kajian ini ialah guna mengetahui 1). Gambaran motivasi berprestasi, kedisiplinan belajar, pengalaman PKL, kinerja guru, sarana prasarana, dukungan orang tua maupun prestasi belajar siswa Kelas XII kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata pada SMK Negeri 1 Kupang; 2) Faktor internal maupun eksternal dalam memengaruhi signifikan bagi prestasi belajar siswa kelas XII kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata pada SMK Negeri 1 Kupang. Data yang terkumpulkan melalui angket dan mempergunakan program SmartPLS 3.0. Hasil analisis statistik inferensial memperlihatkan: 1) Motivasi belajar dalam memengaruhi prestasi belajar (0,163) dan signifikan (0,036 ? 0,05); 2) Kedisiplinan belajar memengaruhi positif prestasi belajar (0,233) dan signifikan (0,006 < 0,05); 3). Pengalaman PKL terhadap prestasi belajar tidak memengaruhi positif (-0,030) dan tidak signifikan (0,443 > 0,05); 4) Kinerja memengaruhi positif prestasi belajar positif (0,182) dan signifikan (0,003 < 0,05); 5) Sarana maupun prasarana memengaruhi positif (0,236) dan signifikan (0,000 < 0,05); 6) Dukungan orang tua terhadap prestasi belajar memengaruhi positif (0,269) dan signifikan (0,002 < 0,05). Kontribusi motivasi belajar, disiplin belajar, pengalaman PKL, kinerja guru, sarana dan prasarana dan dukungan orangtua sejumlah 85,06%. Kemudian, tersisa 14,94% terpengaruh oleh variabel lainnya di luar kajian ini.
Copyrights © 2023