Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)

PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN MEMANCING ANGKA DI TK AL-MUTTAQIN

Syamsiah Syamsiah (STKIP An-Nur NAD)
Musnizar Safari (STKIP An-Nur NAD)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Anak yang berusia 4-5 tahun sudah mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa dan gambar, serta konsep bilangan sebagai dasar dari ilmu matematika. Observasi awal di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Muttaqin menemukan bahwa anak masih tertukar-tukar dalam menyebut angka dan lambang bilangan; belum dapat menyebutkan angka secara berurutan; belum dapat membandingkan lambang bilangan (konsep banyak dan sedikit); dan belum dapat menunjukkan banyaknya benda sesuai lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak Kelompok A di TK Al-Muttaqin Kecamatan Seruway. Ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A sebanyak 20 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka, dari 72,08% (baik) pada siklus pertama menjadi 82,50% (sangat baik) pada siklus kedua. Kata kunci: Konsep bilangan; permainan memancing angka; kelompok A

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu ...