Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): Januari 2023 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Sosialisasi Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Di SD Bintang Pertiwi Medan

Ramadhani Ramadhani (Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Hizmi Wardani (Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Nurdalilah Nurdalilah (Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Haryati Ahda Nasution (Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan usaha untuk meningkatkan kemampuan siswa, baik kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan kognitif yang harus dimiliki oleh siswa. Di masa pandemic Covid-19, banyak sekolah yang melaksanakan proses pembelajaran secara daring (e-learning). Di SD Bintang Pertiwi Medan, tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran secara daring dengan maksimal. Karena banyak orang tua murid terkendala dari handphone atau kouta internet. Sehingga diperlukan pelatihan suatu model yang dapat meningkatkan pembelajaran seperti tutor sebaya. PKM peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan tutor sebaya di SD Bintang Pertiwi Medan. Kegiatan ini dilaksanakan diawali dengan observasi sekolah, merencakan kegiatan, melakukan perkenalan tentang modul tutor sebaya, Menyusun pembelajaran dengan tutor sebaya, serta penerapan tutor sebaya dalam proses pembelajaran. Target luaran yang akan dicapai dalam PKM adalah: (1) guru dapat memahami dan menerapkan pembelajaran dengan tutor sebaya, (2) meningkatkan pemahaman guru tentang modul pembelajaran, (4) meningkatkan pemahaman pemahaman konsepmatematis siswa. Pelaksnaan PKM ini berjalan dengan lancar, hal ini terlihat dari seluruh guru berpartisipasi dalam kegiatan ini dan tertarik untuk menerapkan tutor sebaya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...