Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray. Dalam penelitian ini terdapat 20 orang subjek. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengamatan terhadap peserta didik dan tes prestasi belajar dilakukan dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Apabila terjadi perbaikan dan aktivitas guru dan peserta didik di tiap pertemuan dan banyaknya peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) bertambah ditiap siklusnya maka tindakan dinyatakan berhasil. Pada penelitian ini, diketahui bahwa pada lembar pengamatan diketahui aktivitas guru dan peserta didik mengalami perbaikan di setiap pertemuan. Persentase peserta didik yang berhasil mencapai KKM pada skor dasar sebanyak 20% dan bertambah pada siklus I menjadi 40% dan terus bertambah menjadi 75% pada siklus ke-II. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pembelajaran kooperatif pendekatan TSTS dapat mendorong perbaikan proses pembelajaran dan mendorong peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik kelas XII IPA 2 SMAN 11 Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022