Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 3, No 2 (2022): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Masyarakat Konsumen dalam Perspektif Teori Kritis Jean Baudrillard

Taufiq Djalal (Universitas Negeri Makassar)
Arlin Adam (Universitas Pejuang Republik Indonesia)
Syamsu A. Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Konsumsi selalu berkaitan dengan manusia karena manusia sebagai konsumen selalu melakukan aktivitas belanja untuk menjamin kelangsungan hidup manusia. Sedangkan, konsumerisme merupakan lebih dari sebuah tindakan mengonsumsi barang dan jasa, bahkan pada saat ini konsumerisme sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat. Konsumsi dan budaya konsumerisme merupakan salah satu hal kontemporer yang menarik perhatian berbagai bidang ilmu. Pembahasan tentang konsumsi dan budaya konsumerisme, tentu tidak lepas dari pakar yang bernama Jean Baudrillard. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat konsumen dalam pemikiran Jean Baudrillard. Penulisan ini disusun dengan menggunakan data-data yang diperoleh melalui studi literatur dengan pendekatan filosofi. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi masyarakat dalam pemikiran Jean Baudrillard terletak pada ideologi konsumsi, yaitu idealisme liberal-kapitalis dengan konsep masyarakat berkelimpahan yang mendambakan kemapanan dan kenyamanan hidup. Kata Kunci: konsumsi, budaya konsumerisme, Jean Baudrillard, gaya hidup

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...