cover
Contact Name
Yusri
Contact Email
yusri@unm.ac.id
Phone
+6285255602827
Journal Mail Official
yusri@unm.ac.id
Editorial Address
Educational Sciences Development Center, Pinisi Tower UNM A.P. Pettarani Street, Makassar, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Indonesian Journal of Social and Educational Studies
ISSN : 27458318     EISSN : 2745830X     DOI : 10.35580/ijses
Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, and review articles. The articles should be original, unpublished, and not in consideration for publication elsewhere at the time of submission to the this journal. There are some topics which can be published in this Journal: Educational Studies (Learning and Teaching Process) Educational Psychology Social Studies (Culture and Society, Economics, Civics and Government, and History)
Articles 66 Documents
Variasi Dialek Bahasa Lamaholot di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur : Sebuah Kajian Sinkronik Oktofianus Luli Boli; Ramly Ramly; Usman Usman
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 2, No 1 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.337 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v2i1.22053

Abstract

Abstract. This study aims to describe the phonological variations found in the Lamaholot dialect on Adonara Island, East Flores Regency. The research method used in this research is descriptive qualitative method. As for managing the data, the method used is the proficient method using the face met technique and the listening method with the free, active, proficient listening technique, the note-taking technique and the recording technique. In this study it was found that the language used by the people of Adonara Island at four points of the village was the observation area for phonological variations. Of the 211 questionnaires in the form of vocabulary used by the researcher, the classification became 32 vocabularies that experienced phonological variations. The findings of this language variation are divided into categories of changes in vowel phonemes, changes in consonant phonemes, changes in vowel and consonant phonemes, adding phonemes and deleting phonemes. It is known that the linguistic situation in the observation area is caused by the different geographical conditions and cultural backgrounds between each observation area. Lamahala Jaya Village and Kwaelaga-Lamawato Village, which are located in the East Adonara District, are adrift on the coastal and mountainous locations. The same thing also works in Nisakarang Village and Pepakgeka Village, which are located in Kelubagolit District.  Keywords: Language Variation, Phonology Variation, Dialectology, Lamaholot Language
Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII.1 SMPN 49 Makassar Ikhsan Ikhsan
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 1, No 2 (2020): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.063 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v1i2.17656

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bidang bimbingan social melalui layanan Konseling kelompok pada kelas VII.1 SMPN 49 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2019/2020 dengan lokasi penelitian SMPN 49 Makassar, dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII.1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini, dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian tes dan angket pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh bahwa setelah dilaksanakan dua kali tes, rata-rata hasil belajar pada Siklus I adalah 69,71 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 65,71% yaitu 23 orang dari 35 Peserta didik termasuk dalam kategori tuntas dan 34,29% atau 12 orang dari 35 Peserta didik termasuk dalam kategori tidak tuntas dan pada Siklus II terjadi peningkatan yaitu 79,14 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,86%  atau 29 orang dari 35 peserta didik termasuk dalam kategori tuntas dan 17,14% atau 6 orang dari 35 peserta didik termasuk dalam kategori tidak tuntas. Ini berarti terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebanyak 9,43%  dari Siklus I ke Siklus II. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa: Layanan Konsdeling kelompok dapat Meningkatkan Prestasi belajar peserta  didik kelas VII.1 SMPN 49 Makassar, Siklus I rata –rata sebesar  69,71 dan siklus II rata sebesar 79,14 berarti terjadi peningkatana rata-rata hasil belajar sebesar 9,43  sesudah layanan konseling kelompok diberikan pada siklus I dan siklus II
Pengembangan Aplikasi Laporan Dana Desa Kreatif Berbasis Online Aprilia Hapsari; Nandasari Nandasari; Muh. Haidir; Novayanti Sopia Rukmana
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 1, No 1 (2020): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.22 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v1i1.15481

Abstract

Pelaporan dana desa saat ini masih menjadi salah satu topik permasalahan dalam hal pertanggungjawaban. Masalah demi masalah terjadi diakibatkan banyak aparatur desa yang tidak mengetahui tupoksi masing-masing khususnya dalam mengelola dana desa yang akan dilaporkan diakhir periode yang bersangkutan. Perbuatan penyalahgunaan dana desa merupakan perbuatan menyimpang yang banyak dilakukan oleh aparatur desa. Salah satu kasus yang terjadi seperti masalah yang terjadi di Kabupaten Maros, dimana diantara 80 desa, hanya 4 desa yang menyerahkan laporan pertanggungjawaban dana desa pada tahun 2017 dengan alasan karena faktor cuaca, lokasi pekerjaan yang jauh, serta tenaga kerja desa  yang terbatas. Oleh karena itu, penulis bermaksud memberikan solusi terhadap masalah tersebut yaitu dengan aplikasi PAKDES. Aplikasi ini dirancang sebagai salah satu media yang dapat memudahkan aparatur desa dalam melakukan pelaporan dana desa yang dapat diakses melalui smartphone. Selain memudahkan aparatur desa, aplikasi ini juga dirancang bagi masyarakat desa yang dapat mengakses hasil laporan pertanggungjawaban masing-masing desa yang ada di Indonesia, sehingga dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk berperan dalam pengelolaan dana desa yang tepat sasaran yang secara langsung akan mendukung terwujudnya prinsip transparansi pengelolaan dana desa. Meskipun aplikasi ini diakses secara online melalui smartphone, masyarakat yang tidak memiliki akses secara online juga dapat melihat laporan pertanggungjawaban dana desa melalui papan informasi digital yang juga dirancang khusus dan terkoneksi langsung dengan aplikasi. Pengadaan aplikasi dan papan informasi digital diharapkan dapat menjadi salah satu inovasi yang mampu menjadi media penghubung antara aparatur desa dan masyarakat untuk saling bersinergi mewujudkan proses kerja sama yang mendukung pengembangan desa melalui pengelolaan dana desa yang teransparan dan akuntabel.
Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pendapatan Usaha Tani Kakao di Desa Batu Ampa Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju Arfawati Arfawati; Agus Syam; Marhawati Marhawati; Muh. Ihsan Said; Ilham Thaief
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 1, No 2 (2020): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.226 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v1i2.17850

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produksi, Tenaga Kerja, Modal, Harga dan Jumlah Pohon secara Parsial dan Simultan terhadap pendapatan usaha tani kakao di Desa Batu Ampa Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah hasil penyebaran instrumen berupa kusioner terhadap 54 responden yang menjadi petani kakao. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji realibilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa produksi, tenaga kerja, modal dan jumlah pohon berpengaruh terhadap pendapatan petani kakao sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap pendapatan petani kakao. Hasil analisis secara simultan atau keseluruhan variabel antara jumlah produksi, tenaga kerja, modal, harga dan jumlah pohon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan petani kakao di Desa Batu Ampa Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju.i
A Critique of Deep Ecology Chris Abakare
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 2, No 1 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.453 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v2i1.22921

Abstract

Deep ecology, in its broad meaning, is used by Naess to refer to the broad ecocentric grass-root effort as contrasted with an anthropocentric approach to achieve an ecologically balanced future. Deep ecology embraces a deep approach by speaking about the intrinsic value of nature. In this connection, Naess advocates the principle of biospheric egalitarianism claiming equal moral worth of all beings, human and non-human alike. It is an approach of realising man’s position in the larger web of things. In practice, deep ecology is a movement which is concerned with the solution of grass-root social and political problems for an ecologically sustainable future. In principle, it upholds a holistic view of nature transcending the narrow ego-centric self that undertakes a thesis of Self-realization or identifying oneself with the greater ecological-Self. This work is a critical study of the deep ecology philosophy. The basic focus of this work, centres around the debate among the different schools of environmental philosophy, particularly, the criticism of deep ecology by social ecology.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on the Draw untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Nurdiana Syukur; Ilham Thaief; Rahmatullah Rahmatullah; Muhammad Hasan; Inanna Inanna
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 2, No 1 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.398 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v2i1.20879

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  secara daring terhadap hasil belajar siswa kelas x SMAN 15 Makassar. Penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas (Classroom action research ) dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa dari kelas kontrol dan 35 siswa dari kelas eksperimen . Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan evaluasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan diperoleh skor rata-rata untuk kelas kontrol mencapai 73,00 persen sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 68,57 persen, dan pada kelas eksperimen skor rata-rata mencapai 80,85 persen, dan ketuntasan klasikalnya mencapai 100 persen. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  ditandai dengan semakin meningkatnya presentase pada kelas eksperimen dan kelas kontrol , secara keseluruhan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Efektivitas ,Kooperatif learning Quick On The Draw, Hasil Belajar. 
Pengaruh Literasi Ekonomi, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Modernitas terhadap Perilaku Konsumsi Peserta Didik Ridha Wahyuni; Tuti Supatminingsih; Inanna Inanna; Muhammad Hasan; Syamsu Rijal
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 1, No 1 (2020): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.655 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v1i1.16383

Abstract

The study aims to know the impact of economic literacy, the social status of parents and modernity on consumption behavior students class XI IPS SMA Negeri 1 Selayar. The study was categorized as quantitative work with a population of 96 students, and a samples of 96 students. Data collection is done with documentation and questionnaire technique. The analysis technique used is a descriptive analysis technique. Research shows that: (1) Economic literacy does not have a positive and significant impact on consumption behavior students class XI IPS SMA Negeri 1 Selayar. (2) The social status of parents has a negative and significant impact on consumption behavior students class XI IPS SMA Negeri 1 Selayar. (3) Modernity has a positive and significant impact on consumption behavior students class XI IPS SMA Negeri 1 Selayar.
Unsur Stile dalam Kumpulan Puisi Buku Tentang Ruang Karya Avianti Armand Kajian Stilistika Ayuharsari Ayuharsari; Anshari Anshari; Hajrah Hajrah
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 2, No 2 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/ijses.v2i2.24084

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan unsur stile dalam kumpulan puisi Buku Tentang Ruang karya Avianti Armand, dilihat dari suatu kajian stilistika Burhan Nurgiyantoro. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa kata, frasa atau kalimat yang di dalamnya menujukkan adanya bagian-bagian unsur stile seperti pemajasan yang terdiri simile, metafora, personifikasi, alegori,metonimi, sinekdoki. Penyiasatan struktur terdiri dari repetisi, paralelisme, anafora, polisindenton, asindenton, hiperbola, litotes, ironi, sarkasme, pernyataan retoris, klimaks, antiklimaks dan antitesis. Citraan terdiri dari citraan visual, citraan auditif, citraan gerak serta citraan rebaan dan penciuman dalam kumpulan puisi Buku Tentang Ruang karya Avianti Armand.Keywords: Puisi, stilistika, unsur stile
EL-HIFDZI (Muroja’ah dan Talaqqil Qur’an): Solusi untuk Mempermudah Setor Hafalan dan Muroja’ah Online Berbasis Aplikasi Android Salmah Islamiati; Uswah Mujahidah Rasuna Said; Agus Umar Dani; Arief Fiddienika
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 1, No 1 (2020): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.452 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v1i1.15428

Abstract

Muroja'ah is memorizing and repeating the memorization of the Al-qur’an that students do to Ustaz. As for Talaqqi in terms of language, it is taken from words, namely learning face to face with Ustaz. These two methods are direct methods that are often used by schools with the Tahfizul Qur'an program in Indonesia. Entering the industrial revolution 4.0, a method of memorization and memory deposit is required that can be done remotely and online. Therefore, this article aims to produce a system design for memorizing and depositing verses of the Al-Qur'an equipped with an android application-based error correction feature. The user will be asked to record a voice and the application will translate the voice into writing. Then the writing will be matched with the Al-Qur’an database and display the results of a review of the system if there is a verse error. The output that will be produced is an animated video that describes the application virtually. This animated video is designed through several stages starting from making the StoryBoard application, interface design, compiling a video script, creating animated characters, and making animated videos. The literature used to support the implementation of this stage is literature taken from books, journals, and the internet as well as other sources.
Ideologi Kapitalisme dalam Buku Teks SMA Kelas XII: Tinjauan Teori Wacana Laclau & Mouffe Sulqadri Sulqadri; Muhammad Saleh; Sultan Sultan
Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol 2, No 1 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Publisher : Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.048 KB) | DOI: 10.35580/ijses.v2i1.22390

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti identitas kewacanaan dalam buku teks kelas XII; (2) Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti antagonisme kewacanaan dalam buku teks kelas XII; Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti intervensi hegemonis. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa membaca, mencatat, dan menganalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Melalui piranti Identitas kewacanaan dalam setiap teks wacana ditemukan fitur-fitur yang menggambarkan representasi ideologi kapitalisme dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII. Fitur-fitur tersebut adalah titik simpul atau penanda utama,  momen atau tanda  identitas dan ruang sosial. Pada fitur tersebut ditemukan unsur representasi ideologi kapitalisme. (2) Dalam piranti Antagonisme kewacanaan dalam setiap teks wacana ditemukan identitas-identitas yang menunjukkan representasi ideologi kapitalisme dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII. Identitas yang saling meniadakan tersebut menunjukkan unsur representasi ideologi kapitalisme. (3) Intervensi hegemonis setiap teks wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII terdapat wacana yang berusaha meredekan antagonisme kewacanaan. Usaha-usaha tersebut menunjukkan unsur representasi ideologi kapitalisme dalam wacana yang hadir. Kata Kunci: Analisis, Wacana, Kapitalisme