Global Journal Basic Education
Vol 2 No 1 (2023): Februari

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITY DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS (STUDI KORELASI PADA SISWA KELAS V SDN 39 KASSI KECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS)

Andi Surya Ningsih (Universitas Negeri Makassar)
Adnan K (Universitas Negeri Makassar)
Asriadi Asriadi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan adversity dengan prestasi belajar IPS Siswa kelas V SDN 39 Kassi Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Teknik pengambilan sampel adalah Nonprobabilty dengan metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi nilai dari penilaian tengah semeseter mata pelajaran IPS. Data yang diperoleh dari angket dan dokumentasi dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini, menujukkan bahwa kecerdasan adversity memperoleh rata-rata sebesar 80,50 dan persentase sebesar 83,36% dengan kategori sangat baik. Sedangkan prestasi belajar IPS siswa memperoleh rata-rata sebesar 79,12 dan persentase sebesar 86,71% dengan kategori sangat baik. Korelasi antara kecerdasan adversity dengan prestasi belajar IPS siswa menujukkan rhitung ≥ rtabel (0,427 ≥ 0,338) dan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikansi antara kecerdasan adversity dengan prestasi belajar IPS (Studi Korelasi Pada siswa kelas V SDN 39 Kassi Kecamatan Turikale Kabupaten Maros).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...