Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang
Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang

Analisis Kepadatan Lapis Pondasi Kelas B Menggunakan Metode Sand Cone AASHTO 191-96 (Study Kasus Peningkatan Struktur Jalan Kabu Tunong-Cot Gud)

Sefri Sukarmi (Jurusan Teknik Sipil, Universitas Teuku UmarUniversitas Teuku Umar)
rahmat Djamaluddin (Jurusan Teknik Sipil, Universitas Teuku Umar)
astiah amir (Jurusan Teknik Sipil, Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Membangun infrastruktur transportasi yang berkualitas membutuhkan kepadatan tanah/material yang kuat di mana infrastruktur tersebut dibangun. Oleh karena itu, kepadatan tanah/material tempat infrastruktur dibangun harus diuji untuk memastikan kualitasnya baik dan kuat. Jalan Kabu Tunong - Cot Gud merupakan moda transportasi bagi masyarakat Nagan Raya, khususnya masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui nilai dari kepadatan lapangan pada lapis pondasi kelas B yang tidak menggunakan timbunan pilihan dengan metode Sand Cone AASHTO T191-96, pengujian dilakukan sebanyak 13 titik yang berbeda, mulai dari STA 0+025 – 1+175, dan untuk hasil akhir nilai densitas untuk setiap nilai STA didapatkan hasil > 100%. Nilai kepadatan kering dari masing-masing titik tersebut semuanya memiliki rata-rata 2,185 gr/cm³, dengan nilai OMC (Optimum Moisture) adalah 6.52%. Nilai kadar air pada pemadatan ini dilakukan menggunakan alat Speedy Moisture Content dengan nilai rata-rata 6,3%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang atau disingkat JTS ITP ini dikelola oleh Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut teknologi Padang, Sumatra Barat, Indonesia. JTS ITP terbit 2 (dua) kali setiap tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli, sejak tahun 2014. Terhitung Juli 2016, ...