Media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ini terintegrasi multipel representasi kimia yang mana pemahaman siswa ditunjukkan oleh kemampuannya untuk mentransfer dan menghubungkan tiga level representasi kimia yaitu, makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Interkoneksi ketiga level representasi ini merupakan kunci pokok dalam memecahkan permasalahan kimia, salah satunya pada materi asam basa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranPowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini dikembangkan menggunakan Research and Development (R&D). Model 4D adalah model yang digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari 4 tahap yakni tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa angket dari lembar validasi. Data hasil validasi diolah dengan 2 teknik yakni menggunakan teknik Cohen’s Kappa dan Aiken’s V. Nilai rata-rata moment kappa dengan menggunakan teknik Cohen’s Kappa adalah 0,90 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan nilai rata-rata V dengan menggunakan teknik Aiken’s V sebesar 0,89 dengan kategori valid. Hasil analisis data uji validitas tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA sudah valid.
Copyrights © 2020