cover
Contact Name
Guspatni
Contact Email
entalpipendidikan@ppj.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
entalpipendidikan@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat, Tel / fax : +627517053902 / +627517055628
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Entalpi Pendidikan Kimia
ISSN : -     EISSN : 27745171     DOI : https://doi.org/10.24036/epk.v3i4
Entalpi Pendidikan Kimia is a journal that aims to share findings, result and review of research done by scholars in the filed of chemistry education. Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of articles or reviews accepted by this journal includes the study of curriculum, models, strategies, approaches, methods, and techiques of learning; tests, assessment, evaluation; instructional materials and media both printed and electronic bases ones; classroom, online, and blended learnings; conceptions, understandings and mental models. This journal is published four times a year.
Articles 102 Documents
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA Veny Nugiasari; Guspatni Guspatni
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (923.258 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.9

Abstract

Media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ini terintegrasi multipel representasi kimia yang mana pemahaman siswa ditunjukkan oleh kemampuannya untuk mentransfer dan menghubungkan tiga level representasi kimia yaitu, makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Interkoneksi ketiga level representasi ini merupakan kunci pokok dalam memecahkan permasalahan kimia, salah satunya pada materi asam basa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranPowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini dikembangkan menggunakan Research and Development (R&D). Model 4D adalah model yang digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari 4 tahap yakni tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa angket dari lembar validasi. Data hasil validasi diolah dengan 2 teknik yakni menggunakan teknik Cohen’s Kappa dan Aiken’s V. Nilai rata-rata moment kappa dengan menggunakan teknik Cohen’s Kappa adalah 0,90 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan nilai rata-rata V dengan menggunakan teknik Aiken’s V sebesar 0,89 dengan kategori valid. Hasil analisis data uji validitas tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA sudah valid.
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA Meilia Larasani Hadilka; Guspatni Guspatni
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1384.851 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.10

Abstract

Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran akan menumbuhkan keinginan belajar siswa, membantu siswa dalam mengingat materi pembelajaran, dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi sifat keperiodikan unsur kelas X SMA/MA untuk membantu memahami konsep dengan bantuan pertanyaan prompting. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate (tidak dilakukan). Instrument penelitian berupa lembar validasi konstruk dan lembar validasi konten. Hasil analisis lembar validitas konstruk menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) yaitu 0.91. Hasil analisis lembar validitas konten menggunakan Lawshe’s CVR dengan indeks validitas konten (CVI) yaitu 1. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi sifat keperiodikan unsur sudahv valid.
Pengembangan Permainan Chemistry Scrabble (Chemscrabb) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA Dinda Purnama Kristy; Fajriah Azra
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3162.266 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.11

Abstract

Permainan chemistry scrabble merupakan salah satu variasi dalam mengerjakan latihan untuk memantapkan konsep peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa permainan chemistry scrabble sebagai media pembelajaran pada materi hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas media berdasarkan fungsi media dan ciri media praktis. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R&D) dan menggunakan model 4-D. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen yang digunakan yaitu angket validitas dan angket praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh lima orang validator, sedangkan uji praktikalitas oleh dua orang guru kimia dan 20 orang peserta didik kelas XII. Teknik analisis data menggunakan formula momen Kappa Cohen. Hasil analisis data menunjukkan permainan chemscrabb memiliki validitas mencapai 0,81 yang berkategori sangat tinggi, praktikalitas guru sebesar 0,83 yang berkategori sangat tinggi serta praktikalitas peserta didik sebesar 0,81 yang berkategori sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa permainan chemistry scrabble (chemscrabb) pada materi hukum-hukum dasar kimia yang dikembangkan dapat digunakan sebagai variasi media pembelajaran.
Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) sebagai media pembelajaran kimia pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA/MA Meri Aulia Mardani; Fajriah Azra
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3429.748 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.16

Abstract

Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) merupakan media pembelajaran yang berguna sebagai latihan untuk memperkuat pemahaman “hukum-hukum dasar kimia” peserta didik tentang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Chemmon menjadi media pembelajaran kimia terhadap hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu fase define, design, develop dan disseminate. Pengembangan permainan Chemmon terbatas pada fase develop dengan melakukan pengujian validitas dan praktikalitasnya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi dan angket praktikalitas. Validasi dilakukan oleh lima orang validator. Sementara itu, praktikalitas dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas XII dan dua orang guru kimia. Teknik analisa data menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas media memiliki momen kappa (k) dengan kategori tinggi yaitu 0,78. Untuk hasil uji kepraktisan momen kappa (k) media sebesar 0,78 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian permainan chemmon dikatakan valid dan praktis sebagai media pembelajaran kimia untuk mempelajari “hukum-hukum dasar kimia”.
Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA/MA Gebby Rhaska; Mawardi Mawardi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1569.335 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis masalah, serta menguji keefektifan dan kepraktisan bahan ajar yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D), dan menerapkan model Ploomp. Model Ploomp meliputi tiga kegiatan, yaitu; (1) tahap pendahuluan (2) tahap pembentukan prototipe dan (3) tahap evaluasi. Penelitian ini dibatasi pada tahap prototipe, dan evaluasi formatif dibatasi pada tahap review ahli. Untuk penilaian ahli dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 3 guru kimia.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner validitas, kemudian diolah dengan menggunakan analisis rumus Aiken’s V. Berdasarkan hasil penelitian, modul yang dihasilkan memiliki kategori valid dengan nilai V 0,87, namun belum melakukan uji praktikalitasnya.
Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Menerapkan Teknik Probing-Prompting untuk Kelas XI SMA/MA Aulia Dinul Husna; Ellizar Jalius
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1405.37 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.42

Abstract

Modul kimia berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting adalah sebuah variasi sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting pada pembelajaran kesetimbangan kimia serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang diciptakan. Research dan Development (R&D) merupakan jenis penelitian ini, serta memakai model Plomp memiliki beberapa langkah yakni: penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap menilai. Uji validitas modul dilakukan oleh lima orang validator terdiri dari dosen kimia FMIPA UNP (dua orang) dan guru kimia. Praktikalitas dilsanakan oleh guru kimia (tiga orang dan siswa (14 orang) XII SMA (SMAN 2) Padang Panjang. Hasil analisis lembar validitas menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan kategori valid dengan nilai 0.85. Analisis lembar praktikalitas menggunakan formula kappa cohen pada tahap uji kelompok kecil diperoleh kategori sangat tinggi dengan nilai 0.90. Dari angket yang diisi siswa dan guru menunjukkan kategori sangat tinggi memiliki nilai masing-masing pada tahap uji coba lapangan sebesar 0.91 dan 0.86. Modul yang diciptakan berbasis pendekatan saintifik dilengkapi pertanyaan probing-prompting disimpulkan sudah praktis serta valid.
Deskripsi hasil belajar siswa dengan menggunakan LKPD terintegrasi STEM-PjBL pada materi termokimia Aadi Nugraha; Effendi Effendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1728.347 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i1.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa menggunakan LKPD terintegrasi STEM-PjBL pada materi termokimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jurnal ilmiah yang bereputasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan mencari dan menggali data literatur yang berkaitan dengan rumusan masalah. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Miles Dan Hibernian aktivitas dalam analisis data, yaitu reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan kesimpulan (conclusion drawing).
Komik kimia sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA Sil Purnamasari; Ananda Putra
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2153.729 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.48

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan mampu membantu menumbuhkan minat belajar peserta didik. Komik kimia dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi alternatif media pembelajaran pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran dalam bentuk komik kimia pada materi reaksi reduksi dan oksidasi dengan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas. Jenis penelitian yang adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari 4 tahap: define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Angket validasi dan praktikalitas digunakan sebagai instrumen penelitian untuk melihat kevalidan dan kepraktisan komik kimia. Validitas dilakukan dengan 6 validator dan praktikalitas dilakukan dengan 30 peserta didik serta 4 orang guru kimia. Teknik analisa data ini menggunakan formula Kappa Cohen’s. Hasil dari uji validasi komik kimia memperoleh moment kappa (k) sebesar 0,82 dengan memiliki kategori sangat tinggi. Sementara itu hasil dari uji praktikalitas komik kimia memperoleh moment kappa (k) sebesar 0.86 dengan memiliki kategori sangat tinggi . Diharapkan untuk kedepannya dapat membuat media pembelajaran berbentuk komik pada materi lainnya.
Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Chemo Edutainment pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA Oktaviaroza Oktaviaroza; Effendi Effendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2784.634 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.54

Abstract

Hidrokarbon menjadi salah satu materi wajib yang diajarkan kepada peserta didik kelas XI IPA SMA/MA. Pelajaran hidrokarbon meliputi aspek faktual, konseptual, dan prosedural. Tujuan dari penelitian ini sebagai upaya pengembangan media yang berfungsi membantu siswa memantapkan konsep melalui latihan dengan penggunaan permainan Scrabble Kimia sebagai suatu metode chemo-edutainment. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R & D (Research and Development) dengan 4-D models yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilkukan sampai tahap develop dengan pengujian validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan pada 5 orang validator. . Sedangkan tingkat Praktikalitas diujikan pada dua orang guru kimia dan 10 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Enam Lingkung. Instrument penelitian yang dipakai adalah angket untuk penentuan validitas dan praktikalitas. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisisan angket dan analisis data memakai rumus Aiken V. Data yang telah dianalisis didapatkan tingkat validitas permainan scrabble kimia sebesar 0,85 dengan kategori valid dan tingkat praktikalitas sebesar 0,89 pada guru dan 0,94 pada siswa dengan kategori praktis. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa permainan scrabble kimia sebagai media chemo edutainment pada materi hidrokarbon yang dikembangkan sudah valid juga praktis digunakan pada pembelajaran Kimia , khususnya pada materi Hidrokarbon.
Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics - Problem Based Learning) Pada Materi Hidrolisis Garam Annisa Syafira; Effendi Effendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1169.354 KB) | DOI: 10.24036/epk.v1i1.56

Abstract

Salah satu target dari Kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang berguna, imajinatif, artistik dan amotif serta mempunyai andil dalam aktivitas masyarakat. Sejalan pada kurikulum 2013, kecakapan abad 21 juga menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan 4C yaitu critical thinking, creativity, communication and colaboration.  Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (PBL) dengan pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi STEM-PBL pada materi Hidrolisis Garam dan menentukan validitas dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian berupa Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D, yang meliputi empat tahap yaitu: tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop, tahap disseminate tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket praktikalitas. Validitas dan juga kepraktisan data dianalisis menggunakan Formula Cappa Cohen. Berdasarkan hasil analisis angket validitas yang dilakukan oleh 5 orang validator didapatkan moment kappa (k) sejumlah 0,89 pada kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil analisis uji praktikalitas terhadap 2 orang guru kimia diperoleh moment kappa (k) sejumlah 0,73 dengan kategori kepraktisan tinggi dan praktikalitas terhadap 9 orang peserta didik kelas XII sejumlah 0,92 pada kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil data mengungkapkan LKPD terintegrasi STEM-PBL valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia, terutama materi Hidrolisis Garam.

Page 1 of 11 | Total Record : 102