ULIL ALBAB
Vol. 1 No. 9: Agustus

Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Media Sosial Pada Siswa Kelas X Pesantren Mizanul’ulum Sandrobone

M. Ainul Rezeki (Universitas Muslim Indonesia)
Muliadi Muliadi (Universitas Muslim Indonesia)
Kasma. F Amin (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita menggunakan media sosial pada siswa, yaitu model yang menggunakan media sosial pada siswa kelas X Pesantren Mizanul’ulum Sandrobone. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bersiklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X di Pesantren Mizanul’ulum Sandrobone yang berjumlah 30 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Pada tahap perencanaan siklus I dan siklus II, memiliki kemiripan pada rencana pelaksanaan pembelajaran, yang berbeda adalah langkah pembelajaran. Langkah pembelajaran yang dilakukan pada siklus I belum terlaksana secara maksimal dan pada siklus II dilaksanakan secara keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran siklus I belum optimal yaitu 63,33%, berbeda pada siklus II yang mengalami perubahan lebih efektif yaitu 83,34%. Dibuktikan pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Evaluasi pembelajaran pada siklus I belum optimal karena ada beberapa langkah pembelajaran yang tidak terlaksana dengan baik dan berpengaruh pada pencapaian hasil belajar sedangkan pada siklus II, langkah pembelajaran terlaksana dengan baik dan pencapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menyimak berita menggunakan media sosial pada siswa kelas X Pesantren Mizanul’ulum Sandrobone mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022