Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan baru yang menyediakan peralatan traktor atau dapat disebut distributor traktor. Perusahaan menjual produk dengan merek baru yang belum ada di pasaran. Perusahaan memiliki masalah dalam menjalankan bisnisnya, yaitu stagnasi penjualan perusahaan. Penyebab stagnasi dalam penjualan perusahaan disebabkan oleh sulitnya pelanggan traktor untuk percaya dan beralih ke merek baru, jumlah produk pesaing di pasar, ketidaktahuan pengguna traktor pada produk CV C., pelanggan yang tahu perusahaan produk tetapi tidak tahu kelebihan dari produk ini karena kurangnya ide-ide baru dan inovasi yang dilakukan oleh bagian pemasaran dari CV C. Desain strategi baru yang harus dilakukan oleh perusahaan sehingga penjualan mengalami peningkatan. Tahapan perumusan strategi adalah identifikasi faktor internal-eksternal, Five Force’s Porter, QSPM Matrix dan TOWS Matrix. Langkah selanjutnya adalah persiapan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). STP dilakukan untuk mengetahui pasar yang sesuai dan akan ditangani oleh perusahaan. Setelah mengembangkan STP, strategi akan dikembangkan menggunakan Marketing Mix (4P + 4C) yang mempertimbangkan beberapa faktor dalam penjualan dari sudut pandang perusahaan serta sudut pandang pelanggan. Setelah melakukan penelitian, kesimpulannya adalah bahwa segmentasi perusahaan adalah petani padi, ladang, kebun dan kolam.
Copyrights © 2020