RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 8, No 1 (2023): RISTEKDIK: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - JANUARI-MARET 2023

MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA NEW NORMAL

Erlina Harahap (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Asmaryadi Asmaryadi (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Ika Yuspita (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran face to face dan pengajaran online, tapi lebih dari itu sebagai elemen interaksi sosial. Manfaat pembelajaran blended learning dalam dunia pendidikan adalah memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Siswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, e-learning bisa dilakukan dari mana, kapan saja asalkan memiliki akses ke Internet. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran blended learning di masa new normal. Jenis penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian survey sangat cocok digunakan dalam mengungkap motivasi siswa dalam pembelajaran daring. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa aktif di SMA Negeri 1 Siabu yang berjumlah 50 orang siswa yang mendapatkan pembelajaran daring dan luring selama masa new normal. Instrumen menggunakan data survey dalam bentuk kuisioner yang dibuat dalam google form agar mudah di akses oleh siswa. Survey yang dibuat bertujuan untuk mengungkap secara detail tentang motivasi siswa dalam pembelajaran blended learning. Berdasarkan hasil analisis motivasi siswa terhadap pembelajaran blended learning selama masa new normal diperoleh rata-rata skor presentase keseluruhan adalah 73,33% dengan kategori cukup, sehingga dapat diartikan bahwa siswa SMA Negeri 1 Siabu memiliki motivasi yang sedang terhadap pembelajaran  blended learning. Simpulan mengungkapkan indikator motivasi belajar seperti konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat, kemandirian, kesiapan, pengendalian diri, percaya diri menunjukkan kriteria yang cukup baik hal ini dapat dikatakan bahwa di tengah pandemik covid-19 yang melanda dunia tidak menjadi alasan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat keterbatasan. Kondisi pandemi ini teknologi menjadi jembatan dalam mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...