JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 8, No 4 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam meningkatkan kompetensi pedadogik guru

Nellitawati Nellitawati (Universitas Negeri Padang)
Fadila Yunistisa (Universitas Negeri Padang)
Ermita Ermita (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Berdasarkan beberapa fenomena yang mucul di lembaga pendidikan yang mengindikasikan bahwa kompetensi pedadogik guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana seharusnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam meningkatkan kompetensi pedadogik guru. Desain penelitian menggunakan metode campuran dilakukan berdasarkan pedoman dalam mencapai tujuan penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara pada 261 orang guru, sedangkan informan untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara dilakukan pada 12 orang guru. Data kuantitatif dianalisis menggunakan Paket Statistik Ilmu Sosial sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan masih berada pada tingkat sedang, dan aspek kompetensi pedagogik guru di SMK Negeri Padang masih berada pada tingkat sedang. Penelitian ini juga menetapkan bahwa peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan secara signifikan mempengaruhi kompetensi pedagogik guru. Oleh karena itu, disarankan kepala sekolah harus lebih aktif dan kreatif berkolaborasi dengan guru dan pemangku kepentingan pendidikan untuk melakukan perbaikan  kompetensi pedadogik guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education

Description

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN: 2502-8103 (for electronic version) 2477-8524 (for print version). JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics ...