Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARI 2023

ANALISIS PERENCANAAN PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS MUHAMMADIYAH BANDUNG

Ibnu Hurri (Universitas Muhamadiayah Sukabumi)
Disma Disma (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Agus Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pendidikan nilai Religius dalam pembelajaran IPS di MTs Muhammadiyah Kota Bandung direalisasikan dalam pola pembelajaran IPS dengan cara meyeluruh dan dengan memperhatikan eksistensi pembelajaran IPS sebagai ilmu umum serta memperhatikan nilai-nilai religius (keislaman) siswa untuk menciptakan tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran bukan cuma berpusat pada perspektif kognitif saja, akan tetapi pula wajib menekankan cara pengembangan afektif. Studi ini bermaksud untuk mengenali pendidikan nilai religius yang diintegrasikan dalam pembelajaran IPS lewat perancangan yang dilakukan oleh guru. Nilai merupakan suatu yang diidamkan dan sanggup melahirkan aksi pada diri seseorang, memahami nilai dan pendidikan nilai akan sangat berarti sebab kita tetap bersinggungan. Interaksi individu dalam kehidupan sehari-hari bisa menghasilkan suatu aksi yang berhubungan dengan orang lain, baik dalam lingkup yang kecil atau yang lebih besar. Pembelajaran IPS ialah penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta aktifitas dasar individu yang diorganisasikan serta disuguhkan dengan metode objektif dan juga pedagogis maupun intelektual untuk tujuan pembelajaran. Studi ini memakai metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, serta metode pengumpulan informasi yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisa data memanfaatkan prosedur triangulasi. Hasil yang diperoleh ialah bahwa penggunaan pendidikan nilai bisa memuculkan pemahaman pada siswa mengenai nilai-nilai positif dan menghindarkan dari nilai-nilai negative. Tidak hanya itu, perencanaan pendidikan nilai religius yang berintegrasi dalam kurikulum sekolah beserta berbagai kemungkinan dan alternatif dapat meningkatkan pemahaman pendidikan nilai religius siswa dalam pembelajaran IPS ataupun pada program pendidikan yang ada di MTs Muhammadiyah Kota Bandung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...