Tirai Edukasi
Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019

HUBUNGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI MA NW KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT

sudirman sudirman (Universitas Qamarul Huda Badaruddin)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Belum optimalnya prestasi akademik siswa walaupun sudah ditunjang dengan kualifikasi pendidik yang dipersyaratkan, akan tetapi belum keseluruhan guru dapat membelajarkan Kimia kepada siswa secara kontekstual oleh karenanya perlu ditinjau dari aspek kreativitas gurunya dalam membelajarkan Kimia tidak hanya pada domain kognitif tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotor. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 orang guru dan 50 siswa kelas X MA NW di Kecamatan Narmada Lombok Barat yang dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2019. Hasil uji statistik menujukkan bahwa adanya perbedaan secara signifikan (P<0.05) pengaruh kreatifitas guru dan siwa terhadap hasi belajar. Tingkat kreativitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif siswa (95 % dalam ketegori baik, 3% dalam kategori cukup baik, dan 2% dalam kategori kurang baik). Pada aspek afektif, perbedaan tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar (50 % dalam kategori baik, 47 % dalam kategori cukup baik, dan 3 % dalam kategori kurang baik). Sedangkan pada ranah psikomotor, perbedaan tingkat kreativitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar (53 % dalam kategori baik, 46 % dalam kategori cukup baik, dan 1 % dalam kategori kurang baik) di MA NW Kecamatan Narmada. Jadi kreativitas termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran Kimia guna mengembangkan kemampuan siswa secara utuh dan profesional dalam kegiatan pembelajaran khususnya tercapainya hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tirai_edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tirai Edukasi diterbitkan oleh LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu (UNIQHBA) pada tahun 2018. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan yang membahas kasus-kasis mutakhir di bidang pendidikan baik kasus yang menjadi isu ...