Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2c (2022): Juni

Kelayakan Perangkat Pembelajaran Momentum dan Impuls dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Finta Yudiafarani (Universitas Mataram)
Susilawati Susilawati (Universitas Mataram)
Gunawan Gunawan (Universitas Mataram)
Jannatin ‘Ardhuha (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat berupa pengembangan perangkat  pembelajaran momentum dan impuls dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang layak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD dan instrument tes pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validitas yang dinilai oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi yang di analisis menggunakan skala likers. Perangkat memenuhi kriteria valid ditunjukan dengan persentasi dari validator ahli dan praktisi yang mencapai 87,51% dan 93.56% dengan kategori  sangat valid. Produk juga memenuhi kriteria reliabilitas ditunjukan dengan hasil rata-rata perangkat dengan nilai 94.25 dengan kategori reliable. Berdasarkan hasil data dari penelitian perangkat pembelajaran momentum dan impuls dengan model inkuri terbimbing dikatakan valid dan reliabel untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...