Cakrawala Linguista
Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5 NUMBER 2 DECEMBER 2022

Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Singkawang Kalimanatan Barat

Gunta Wirawan (STKIP Singkawang)
Mirna Dwi Risnawati (SMK N 1 Singkawang)
Susan Neni Triani (STKIP Singkawang)
Eti Sunarsih (STKIP Singkawang)
Lili Yanti (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran, ada beberapa komponen yang dapat menentukan keberhasilan proses pendidikan yang dilaksanakan. Komponen tersebut adalah kurikulum, guru, siswa, materi pembelajaran, dan strategi pembelajaran termasuk di dalamnya  metode dan media yang digunakan. Dalam penulisan ini, metode yang digunakan adalah deskriptif berbentuk kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil wawancara dengan dua orang guru Bahasa Indonesia SMKN 1 Singkawang, diketahui bahwa salah satu problematika pembelajaran adalah rendahnya minat siswa terhadap Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor antara lain paradigma siswa yang menganggap mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran tidak penting, bukan sebagai disiplin ilmu utama yang mesti mereka kuasai, sehingga cenderung diabaikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Cling

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CAKRAWALA LINGUISTA is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN 2597-9787 and p-ISSN 2597-9779 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Cakrawala Linguista has built Organization and Editorial team to ...