Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT)
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Januari - Februari 2023)

Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, dan Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Guru Smp di Kabupaten Kupang Dengan Etos Kerja Sebagai Variabel Intervening

Wilibrordus Dua Karangora (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang)
Simon Sia Niha (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang)
Agapitus Hendrikus Kaluge (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang)
Damianus Talok (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang)
Yulius Yasinto (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Kajian ini bermaksud guna mencari tahu 1) persepsi guru SMP di Kabupaten Kupang tentang kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, penilaian kinerja guru, etos kerja, dan kinerja; 2) Signifikansi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan penilaian kinerja dalam memengaruhi kinerja guru SMP di Kabupaten Kupang; 3) Signifikansi etos kerja dalam memengaruhi kinerja guru SMP di Kabupaten Kupang; 4) Signifikansi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, penilaian kinerja dalam memengaruhi etos kerja guru SMP di Kabupaten Kupang; 5) signifikansi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial maupun penilaian kinerja dalam memengaruhi kinerja guru SMP di Kabupaten Kupang melalui etos kerja sebagai variabel intervening. Kajian ini termasuk kajian deskriptif kuantitatif. Sampel pada kajian ini ialah 80 tenaga pendidik SMP binaan di Kabupaten Kupang. Peneliti memperoleh data melalui penggunaan angket dan dikaji mempergunakan statistik deskripttif, serta statistik inferensial dengan menerapkan Smart PLS 3.0. Hasil analisis statistik deskriptif memperlihatkan bila persepsi guru SMP di Kabupaten Kupang terhadap kinerja guru tergolong baik (80.48%), etos kerja baik (74.97%), kompetensi pedagogik baik (82.78%), kompetensi sosial baik (81.78%), penilaian kinerja baik (79.53%). Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan adanya 1) Nilai (0,359) dan (0,004<0,05) memperlihatkan bila etos kerja memengaruhi positif maupun bermakna bagi kinerja guru; 2) pengaruh positif (0,557) dan bermakna (0,000<0,05) kompetensi pedagogik terhadap etos kerja; 3) pengaruh positif (0,412) dan bermakna (0,000<0,05) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru; 4) pengaruh negatif (-0,015) dan tidak signifikan (0,893>0,05) kompetensi sosial terhadap etos kerja; 5) pengaruh positif (0,094) dan tidak bermakna (0,202>0,05) dari kompetensi sosial terhadap kinerja guru 6) pengaruh positif (0,304) dan bermakna (0,004<0,05) penilaian kinerja bagi etos kerja 7) pengaruh positif (0,140) dan tidak bermakna (0,083>0,05) penilaian kinerja bagi kinerja guru 8) pengaruh negatif (-0,005) dan tidak signifikan (0,891>0,05) kompetensi sosial bagi kinerja guru melalui etos kerja yang menjadi variabel intervening 9) pengaruh positif (0,200) maupun bermakna (0,001<0,05) kompetensi pedagogik bagi kinerja guru melalui etos kerja sebagai variabel intervening 10) pengaruh positif (0,109) maupun bermakna (0,028<0,05) penilaian kinerja bagi kinerja guru. Kontribusi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan penilaian kinerja terhadap etos kerja sebesar 62,7% sedangkan tersisa 37,3% dipegaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini. Kontribusi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan penilaian kinerja terhadap kinerja sebesar 80,3% sedangkan sisanya 19,7% terpengaruh oleh variabel lainnya di luar kajian ini. Berdasar hasil kajian, peneliti sarankan agar para hasil guru SMP di Kabupaten Kupang untuk meningkatkan etos kerja, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, penilaian kinerja demi peningkatan kinerja guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen dan Ekonomi. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi ...