Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penggunaan fitur aplikasi Canva oleh guru-guru SMK yang mengajar di Program Keahlian MPLB dalam merancang media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning. Penelitian dilakukan kepada 65 orang guru SMK di Jawa Barat. Teknik analisis dengan cara menelaah media pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru-guru dengan menggunakan aplikasi Canva. Fokus analisis merujuk pada 14 fitur yang seharusnya digunakan dalam aplikasi Canca, yaitu meliputi: Template, Ilustrasi dan Icon, PDF Editor, Canva Live, Text Customization, Background, Animasi, Duplikasi, Share serta Unduh, Filter, Canva Teams, Grid Desain dan Foto, Desain Frame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baru empat fitur yang sudah dimanfaatkan oleh semua guru yaitu: Template, Text Customizationn, pemilihan Background, Share serta unduh, sebaliknya PDF Editor, Canva Live, Duplikasi, Filter, Canva Teams, dan Desain Frame sama sekali,belum ada yang menggunakan, sedangkan prosentase jumlah guru yang tidak menggunaan fitur lainnya masih bervariasi, dengan rincian sebagai berikut: 32% belum menggunakan fitur Animasi, 26% belum menggunakan fitur Grid Desain dan Foto, serta 20% belum menggunakan fitur Ilustrasi dan Icon Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belum semua fitur aplikasi Canva dimanfaatkan secara optimal dalam merancang media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning.
Copyrights © 2023