Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Peningkatan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Tangan Anak Kelompok B

Nurfani (Unknown)
M.A Muazar Habibi (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Ika Rachmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan sosial emosional melalui kegiatan bermain peran menggunakan boneka tangan pada anak kelompok B TK Tunas Bangsa Mataram. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindak kelas. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 10 orang anak kelompok B dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan bermain peran dengan menggunakan boneka tangan dengan tahapan pelaksanaan yang terdiri dari pijakan lingkungan main yaitu menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan naskah cerita, menata kelas untuk kegiatan pembelajaran; pijakan ssebelum main yaitu menyampaikan tema/sub tema, Tanya jawab terkait tema, mengenalkan boneka tangan pada anak, dan membuat kesepakatan main; pijakan selama main yaitu bercerita dengan boneka tangan, Tanya jawab terkait isi cerita, mengarahkan anak untuk mengulang cerita; pijakan setelah main yaitu menyimpulkan isi cerita, merapikan boneka tangan yang telah digunakan, menanyakan perasaan selama kegiatan. Hal ini melalui tahap prasiklus kegiatan bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh skor 329 dengan capaian persentase 41,1% dengan kategori mulai berkembang (MB), pada tahap siklus I kegiatan bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh skor 1.056 dengan capaian persentase 66% dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan tahap siklus II kegiatan bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh skor 1.432 dengan capaian persentase 89,5% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan sosial emosional melalui kegiatan bermain peran dengan menggunakan boneka tangan anak kelompok B di Tk Tunas Bangsa Mataram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...