The purpose of this research was to increase the study result of student by implementing project based learning model with audio visual media. Type of research was Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, with steps of the cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data using the observation sheet and questions test. The technique of data analysis used qualitative analysisand quantitative analysis. The results of research showed that implementation of project based learning model with audio visual media in the science learning can increase the study result of student.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media audio visual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model pembelajaran berbasis proyek.
Copyrights © 2014