Jurnal TILAPIA
Vol 4, No 1 (2023): Januari 2023

Pengaruh Penggunaan Tepung Daun Indigofera zollingeriana Hasil Fermentasi Bakteri Lactobacillus sp. dengan Waktu Berbeda Dalam Formula Pakan Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Bayu Pramana Putra (Universitas Abulyatama)
Azwar Thaib (Universitas Abulyatama)
Suraiya Nazlia (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Ikan Nila (Oreochromis niloticus) termasuk hewan pemakan segala (Omnivora), karena ikan tersebut memakan pakan hewani dan nabati yang cenderung hewan pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora). Indigofera sp sebagai kelompok tanaman kacang-kacangan berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ikan nila. Indigofera sp merupakan tanaman leguminosa yang memiliki nilai nutrisi tinggi. Dibalik tingginya nilai nutrisi, Indigofera sp tidak terlepas dari tingginya serat kasar yang dapat mempengaruhi daya cerna bagi ikan nila (Oreochromis niloticus) sehingga fermentasi menggunakan Lactobacillus sp dengan lama waktu berbeda diharapkan dapat memaksimalkan nutrisi serta menurunkan serat kasar Indigofera sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan daun Indigofera hasil fermentasi bakteri Lactobacillus sp dengan lama waktu yang berbeda dalam formula pakan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan dan lama waktu fermentasi terbaik, serta untuk mengetahui nilai konversi dan efisiensi pakan benih ikan nila. Hasil penelitian ini menunjukkan fermentasi terbaik yaitu fermentasi 48 jam yang mana SR: 43.33 ± 15,27%, PBM: 3,39 ± 0,72 gr, PPM: 1,36 ± 0,62 cm, SGR: 1,63 ± 0,09%, FCR: 1,63 ± 0,55 gr dan EPP: 20,5 ± 2,7%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tilapia

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Immunology & microbiology

Description

Jurnal TILAPIA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu perikanan yang diasuh oleh Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama Aceh. Jurnal ini menerbitkan artikel berkualitas dalam ilmu perikanan pada umumnya dengan tujuan menyebarluaskan informasi, ide dan hasil penelitian terbaru di bidang perikanan dan ...