Kompetensi
Vol 15 No 1 (2022): Kompetensi

Pembelajar Pendidikan Nonformal: Studi Proses Pembelajaran Peminatan IPA di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Balikpapan Selatan

Nurul Aulia Achsana (Universitas Mulawarman)
Mustangin Mustangin (Universitas Mulawarman)
Sri Wahyuni (Universitas Mulawarman)
Hepy Tri Winarti (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Proses pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan tutor dan peserta didik untuk mengolah dan berbagi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran peminatan IPA program paket C di SPNF SKB Balikpapan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran peminatan IPA program paket C di SPNF SKB Balikpapan Selatan. Subjek data wawancara berupa narasumber pada penelitian ini yaitu kepala SPNF SKB Balikpapan Selatan, tutor peminatan IPA, dan peserta didik peminatan IPA. Subjek data observasi berupa tindakan secara langsung ke SPNF SKB Balikpapan Selatan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran peminatan IPA. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran peminatan IPA di SPNF SKB Balikpapan Selatan dilakukan dengan cara melakukan kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran, metode belajar dan sarana pembelajaran pada peserta didik peminatan IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...