JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 6: Januari 2023

PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCREENCAST O MATIC

Vara Nina Yulian (Universitas Subang)
Yanry Budianingsih (Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Masalah utama mitra adalah merancang media pembelajaran daring yang dapat digunakan dengan mudah oleh guru; meningkatkan kreativitas guru; dan menyadarkan para guru akan pentingnya penggunaan teknologi. Tujuan pelatihan ini adalah melatih guru di Kabupaten Subang supaya terampil mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Metode pelaksanaan kegiatan melalui pelatihan dan pendampingan, peningkatan /keterampilan para guru. Keberlanjutan program setelah program ini selesai sepenuhnya dikembalikan kepada guru yang mengikuti pelatihan untuk melanjutkan implementasi aplikasi pembelajaran ini. Terlihat bahwa terdapat hasil yang positif dalam peningkatan daya saing dan nilai-nilai sektor pendidikan para mitra. Peningkatan kemampuan para guru dalam menggunakan teknologi dan informasi dalam kesehariannya untuk mengajar. Hal ini dibuktikan setelah pemaparan materi, para peserta diberikan kesempatan untuk berlatih membuat video edukasi secara berkelompok maupun individu dengan menggunakan aplikasi Screencast Omatic. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan. Ini karena peserta baru dalam penggunaan aplikasi untuk membuat video pembelajaran. 80,5% dari mereka puas dengan kegiatan ini. Peserta mengharapkan ada kegiatan pelatihan kembali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...