Jurnal Kajian Pendidikan IPA
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Kajian Pendidikan IPA

Implementasi learning cycle 7E berbantuan Tarsia Puzzle untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMP

Wihdah Salsabiila Rosyiidah (Universitas Trunojoyo Madura)
Nur Qomaria (Universitas Trunojoyo Madura)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (Universitas Trunojoyo Madura)
Rahmad Fajar Sidik (Universitas Trunojoyo Madura)
Mochammad Yasir (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini berfokus untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa melalui penerapan learning cycle 7E berabtuan tarsia puzzle pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lamongan kelas VII tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes keterampilan generik sains siswa yakni pretest  dan posttest. Data kemudian dianalisis menggunakan N-Gain untuk mengukur peningkatan keterampilan generik sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keterampilan generik sains siswa mempunyai rerata N-Gain sebesar 0,59 dengan kriteria sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pendidikan IPA (JKPI) dengan nomor P-ISSN: 2798-7043 dan E-ISSN: 2798-7043 merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, FPIK, Universitas Garut. Jurnal ini bertujuan mempublikasikan artikel hasil penelitian atau pemikiran pada bidang Pendidikan IPA, Pendidikan ...