Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 5 No 1: Februari (2023)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG

Nurmi Nurmi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Safei Safei (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Rusydi Rasyid (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flannelterhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri CentreMawang. Peneliti memilih masalah tersebut karena terdapat beberapa peserta didikkelas I yang masih kesulitan dalam hal membaca. Penelitian ini merupakan penelitianpre-eksperimental design jenis desain peneliatiannya adalah one-group pretest-posttest design.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri CentreMawang yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 16 peserta didikdari kelas I D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-ratasebesar 49,75 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah, dan nilai rata-rata pesertadidik setelah diterapkan media papan flanel sebesar 79,25, dan hasil tersebut beradapada kategori tinggi. menunjukkan Tℎ???????? = 13.282 lebih besar dari T???????????????????? = 2.145,sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel efektif terhadap kemampuanmembaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre Mawang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...