Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan blog (weblog) sebagai sarana knowledge sharing bagi mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah sembilan orang informan yang terdiri dari delapan orang mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan seorang pemilik blog. Penentuaninforman dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan hasil bahwa blog memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen. Bagi mahasiswa dengan adanya blog, mereka lebih mudah mencari materi perkuliahan yang tidak disampaikan oleh dosen ketika di kelas. Adanya blog bagi dosen membuat pekerjaannya lebih terbantu, karena mahasiswa sebelumnya telah mempelajarimateri yang diunggah di dalam blog. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mampu memanfaatkan blog sebagai sarana knowledge sharing guna menunjang kegiatan perkuliahan mereka seperti berinteraksi dengan pengguna lainnya mengenai informasi terbaruberkaitan dengan kegiatan perkuliahan dan pengumpulan tugas maupun untuk mencari referensi tambahan. Pemanfaatan blog dirasa belum maksimal dan masih dapat ditingkatkan dengan penambahan bandwidth di area hotspot kampus, mengenalkan fitur-fitur penting blog agar dapat dimanfaatkan lebih optimal oleh mahasiswa dan pemilik blog menunjuk asisten khusus untuk membantumengelola blog, agar blog lebih optimal penggunaannya untuk mahasiswa.Kata kunci: Blog, Weblog, Knowledge Sharing, S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan
Copyrights © 2019