Motivasi sangat diperlukan, belajar tanpa adanya motivasi tidak mungkin seseorang dapat menyelesaikan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PPKN siswa SMPN 15 Islam Terpadu Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 57 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan t-hitung sebesar 3,503. Pengaruh positif dan signifikan lingkungan rumah terhadap hasil belajar siswa memiliki t-hitung sebesar 2,028. Motivasiibelajar dan lingkunganikeluarga berpengaruh positif signifikaniterhadap hasil belajar siswa SMP N 15 IT Binjai. Lingkungan rumah dan sekolah merupakannfaktor yang dapat memotivasiysiswa untuk belajar. Adanya perhatian, bimbingan dan dukungan orang tua kepada anaknya serta suasana dan fasilitas kekeluargaan yang kondusif juga dapat meningkatkan motivasi belajar. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang akan dicapai siswa.
Copyrights © 2023