Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model discovery learning berbasis Rumah Belajar (Laboratorium Virtual) pada materi Hukum Archimedes yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan R&D jenis 4D yang meliputi define, design, develop, dissaminate. Instrumen yang digunakan adalah angket uji validasi perangkat pembelajaran. Validatornya adalah validator ahli dan validator praktisi. Validator ahli yaitu salah satu dosen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta. Kemudian validator praktisi yaitu salah satu guru Fisika SMA. Hasil validasi dari penelitian ini menunjukkan (1) RPP memperoleh rata-rata validasi 89,15% kategori sangat layak; (2) LKPD memperoleh rata-rata validasi 89,12% kategori sangat layak; dan (3) Instrumen Penilaian Pengetahuan memperoleh rata-rata validasi 82,00% kategori sangat layak. Dari hasil penilaian validator diperoleh bahwa perangkat pembelajaran fisika model discovery learning berbasis Rumah Belajar (Laboratorium Virtual) pada materi Hukum Archimedes sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika bagi peserta didik SMA.
Copyrights © 2023