e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7, No 2 (2019): EJPI-JIPD

Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Agresivitas Siswa SMK N 1 Lubuk Sikaping

Eki Aprinaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya siswa berperilaku agresif, seperti berkelahi, memukul, menendang, menyerang, mengejek orang lain, mengganggu teman belajar, melawan perkataan guru, dan melanggar tata tertib sekolah. Agresivitas merupakan perilaku negatif yang diduga salah satu faktor penyebabnya ialah keharmonisan keluarga yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keharmonisan keluarga siswa, (2) mendeskripsikan agresivitas siswa, dan (3) menguji hubungan keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa.Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK N 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun 2018/2019 yang berjumlah 798. Jumlah sampel sebanyak 263 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keharmonisan keluarga dan angket  agresivitas siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) keharmonisan keluarga siswa berada pada kategori sedang (2) agresivitas siswa berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan signifikan negatif antara keharmonisan keluarga siswa dengan agresivitas siswa dengan koefisien korelasi -0,536 yang berada pada taraf signifikansi 0,000.Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK atau Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan konseling kelompok kepada siswa, agar dapat membantu dan meminimalisir siswa terjerumus dalam perlu agresivitas. Selanjutnya memberikan layanan informasi dan konseling keluarga untuk membantu meningkatkan kualitas keharmonisan keluarga siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...