Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
Vol. 9 No. 1 (2023): Januari 2023

Dampak Aktivitas Fisik (Jogging) terhadap Denyut Nadi Latihan

Syahria Arya Maulana (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Y. Touvan Juni Samodra (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Ghana Firsta Yosika (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Maharani Fatima Gandasari (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Isti Dwi Puspita Wati (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dampak aktivitas fisik (Jogging) terhadap denyut nadi pada kegiatan pemanasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan Desain One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga semester satu berjumlah 22 orang. Penelitian ini melakukan pengukuran denyut nadi 10 detik x 6 sebelum dan setelah melakukan Jogging. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan denyut nadi sebelum melakukan Jogging sebesar 94 kali/menit, setelah melakukan Jogging sebesar 164 kali/menit, dengan demikian adanya dampak aktivitas fisik yakni Jogging cukup efektif digunakan untuk pemanasan sehingga dapat meningkatkan denyut nadi sebagai persiapan masuk kedalam zona latihan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpkr

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Physics Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi adalah jurnal pendidikan dan kesehatan yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juni. Memuat tulisan berbahasa Indonesia ...