Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023

Inovasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Buku Pedoman Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional

Katarina Sukatni (Unknown)
Gregorius Ari Nugrahanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kurangnya inovasi dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu berdampak pada dekonstruksi anak dalam berpikir sehingga mudah menjadi korban berita hoax. Perilaku demikian berujung pada menurunnya kesehatan mental, stres, dan berbagai tindak kekerasan. Kesadaran akan pentingnya karakter rasa ingin tahu perlu dikembangkan sejak dini. Salah satu landasan kokoh peningkatan pendidikan karakter anak bangsa adalah kekayaan budaya. Permainan tradisional menjadi kekayaan budaya nusantara yang relevan dengan prinsip pembelajaran efektif untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu. Tujuan riset ini adalah mengembangkan buku pedoman pendidikan karakter rasa ingin tahu berbasis permainan tradisional. Riset dilakukan di Sedayu, Bantul, DIY terhadap enam anak usia 10-12 tahun. Metode riset menggunakan R & D model ADDIE. Hasil riset menerangkan bahwa (a) pengembangan buku pedoman menggunakan langkah ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate), (b) buku pedoman memiliki kategori “sangat baik” dan saran “tidak perlu revisi” dengan skor 3,85 pada rentang 1-4, (c) implementasi buku pedoman berdampak pada karakter rasa ingin tahu. Uji signifikansi menghasilkan nilai z = -2,232 p = 0,026 (p < 0,05). Buku pedoman memiliki “efek besar” dengan r = 0,6443. Implementasi buku pedoman dapat menjelaskan 41,52% perubahan varian pada karakter rasa ingin tahu. Efektivitas buku pedoman adalah “tinggi” dengan N-Gain score 98,6111%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...