Makanan sehat merupakan lini bisnis yang akhir-akhir ini sedang berkembang dan diminati masyarakat. Peluang muncul akibat adanya perubahan pola hidup untuk mengonsumsi makanan sehat. Persaingan muncul sebagai tantangan bagi bisnis makanan sehat. Pebisnis juga perlu mengenalan produk untuk mengubah persepsi masyarakat tentang healthy food melalui pemasaran yang efektif dan efisien. Celebrity endorsement dan ewom menjadi metode efektif dalam pemasaran digital saat ini untuk menjangkau pasar dan mempengaruhi persepsi konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh celebrity endorsement dan ewom terhadap keputusan pembelian melalui variabel product knowledge, consumer psychology, dan brand image. Penelitian ini menggunakan 72 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan SEM-PLS untuk menguji pengaruh antar variabel dengan software WarpPLS. Hasil menunjukkan bawah celebrity endorsement dan ewom berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian melalui variabel product knowledge, consumer psychology, dan brand image. Berkaitan dengan itu, pemilik bisnis makanan sehat dapat menggiring persepsi konsumen dalam keputusan pembelian dengan metode celebrity endorsement dan mengontrol ewom karena pemesaran ini mampu menjangkau berbagai macam konsumen serta banyaknya perputaran informasi terkait ulasan dan rekomendasi produk dari berbagai macam konsumen di platform digital.
Copyrights © 2023