JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Bahasa Isyarat Satera Jontal dalam Pengenalan Aksara Daerah Sumbawa (Studi di SLB Negeri 2 Sumbawa)

W, Dirga Al Ashar Hadi Susamto (Unknown)
Yamin, Ahmad (Unknown)
Fietroh, Muhammad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri 2 Sumbawa dalam mengenal aksara daerah Sumbawa sebelum dan sesudah penggunaan bahasa isyarat Satera Jontal dan untuk mengetahui apakah penggunaan bahasa isyarat Satera Jontal dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri 2 Sumbawa dalam mengenal aksara daerah Sumbawa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain “One Group Pre Test-Post Test”. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka menghasilkan kesimpulan penelitian: (1) Hasil kemampuan mengenal aksara daerah Sumbawa pada peserta didik dengan hambatan pendengaran sebelum penggunaan bahasa isyarat Satera Jontal dari 13 peserta didik belum ada yang mencapai kategori baik. Namun dari 13 peserta didik hanya 1 orang yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan kategori penilaian Cukup dan 12 peserta didik lainnya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan kategori penilaian Sangat Cukup. (2) Hasil kemampuan mengenal aksara daerah Sumbawa pada peserta didik dengan hambatan pendengaran setelah penggunaan bahasa isyarat Satera Jontal dari 13 peserta didik, 11 diataranya mendapatkan nilai yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan kategori Sangat Baik dan 2 orang peserta didik mendapatkan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan kategori Cukup. (3) Penggunaan metode pembelajaran bahasa isyarat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan peserta didik yaitu dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri 2 Sumbawa dalam mengenal aksara satera jontal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...