Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): RANGE Januari 2023

Perspektif Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Blended Learning Selama Masa Transisi

Riham Fahira Rantayu (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Dian Ayu Andini (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Dewi Maisaroh (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sumbaji Putranto (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti akan menunjukkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika secara blended learning serta bagaimana perspektif 18 siswa SMP/MTs atau sederajat terhadap blended learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner semi terbuka melalui google formulir. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner tersebut melalui media sosial WhatsApp. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dengan wawancara tertulis melalui media sosial WhatsApp. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Adanya kemudahan dalam mempelajari materi pembelajaran, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanaannya, 2) Protokol kesehatan telah dilaksanakan dengan baik saat pembelajaran matematika tatap muka terbatas berlangsung, 3) Guru cenderung mengulang materi sebelunya saat tatap muka 4) Banyak siswa merasa senang terhadap blended learning dimasa transisi ini. Oleh karena itu, dengan pemberlakuan Blended Learning diharapkan dapat mengurangi problematika pembelajaran matematika di masa pandemi ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...