Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): RANGE Januari 2023

Profil Metakognisi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thinking Skills Ditinjau Dari Adversity Quotient

Dwiani Listya Kartika (Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto)
Ambar Winarni (Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto)
Noor Sofiyati (Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tipe HOTS ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). AQ adalah tingkat kecerdasan seseorang dalam menghadapi masalah. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP yang dipilih melalui teknik purposing sample berdasarkan hasil tes ARP (Adversity Respons Profile) di level AQ sedang (camper) dan level AQ tinggi (climber). Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tipe HOTS. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan profil metakognisi siswa dengan kategori AQ tinggi dan AQ sedang menunjukkan hasil yang sama. Pada saat penyelesaian soal, siswa melakukan indikator-indikator ketrampilan metakognisi pada tahap perencanaan dan pemantauan. Sedangkan pada saat evaluasi, semua subyek penelitian belum mampu menemukan cara yang berbeda untuk menyelesaikan soal HOTS yang diberikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...