EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Kompetensi Pedagogik Dosen, Motivasi Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Pada Kuliah Ilmu Pendidikan Islam

Winda Sulistyarini (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Baldi Anggara (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Sabarudin Sabarudin (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Abdullah Idi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Dosen merupakan penggerak dalam pendidikan dan sumber ilmu pertama bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Dosen yang berkompeten menjadi bagian dari faktor yang dapat memotivasi belajar mahasiswa dan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi kuliah yang diajarkan, dalam hal ini berkaitan dengan kompetensi pedagogik dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dosen dan motivasi belajar terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam secara signifikan. Penelitian menggunakan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah mahasiswa PAI semester 2 UIN Raden Fatah Palembang, yang diambil dari teknik purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan dengan sistem SPSS, melalui analisis pengujian persyaratan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi pedagogik dan motivasi belajar secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 0.597, artinya kompetensi pedagogik dosen (X1) dan motivasi belajar (X2) mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa (Y) sebesar 59.7%. Sedangkan, sisanya 40.3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kemudian, angka R sebesar 0.772 constant > 0.05 dan dengan nilai F hitung 28.840 signifikan sebesar 0.000 atau sangat signifikan. Sehingga, dapat disimpulkan terjadi hubungan yang kuat antara kompetensi pedagogik, motivasi belajar terhadap pemahaman mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...