Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI)
Vol. 2 No. 2 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS TERPADU MELALUI SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS OUTDOOR STUDY

Afi Radhatul Mahfirah (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)
Risma Dwi Arisona (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Proses pembelajaran di SMPN 1 Siman Ponorogo yang kurang efektif dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan motivasi belajar IPS Terpadu melalui small group discussion berbasis outdoor study. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII 4 SMPN 1 Siman Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022. Hasil pada penelitian ini, yang bisa diberikan solusi terhadap permasalahan yang ada yaitu dengan menerapkan model pembelajaran small group discussion berbasis outdoor study untuk meningkatkan motivasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII, dengan hasil penelitian dapat dilihat bahwasannya dengan data angket yang masuk dalam kategori sangat meningkat hanya 9% dari siklus I meningkat jadi 77% pada siklus yang ke II dan dibuktikan lagi dengan lembar observasi yang bisa dilihat bahwasannya tidak ada siswa yang masuk dalam kategori tinggi, setelah melanjutkan siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 20 siswa dengan presentase 90%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran small group discussion berbasis outdoor study berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMPN 1 Siman Ponorogo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiipsi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia [e-ISSN 2775-104X, p-ISSN 2775-037X] diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial di bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Jurnal ini ...