Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI)
Vol. 3 No. 1 (2023)

PENGARUH VIDEO YOUTUBE MATERI MASA REFORMASI (1998-SEKARANG) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Lailatul Musfiroh (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)
Risma Dwi Arisona (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media pembelajaran yang kurang cocok diterapkan pada pembelajaran IPS Terpadu kelas IX materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif jenis quasi experiment desain penelitian nonequivalent control group design. Perlakuannya penerapan media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) pada kelas eksperimen dan penerapan media pembelajaran LKS pada kelas kontrol. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo dan sampelnya siswa kelas IX A dan IX B. Instrumen tes hasil belajar soal berjumlah 25. Pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Perhitungan data gain score dianalisis dengan Uji Independent Sample T-Test. Bedasarkan analisis data hasil media pembelajaran video youtube materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX MTS Negeri 3 Ponorogo melihat rata- rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Uji Independent Sample T-Test memperoleh nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti berpengaruh. Uji R Square menunjukkan pengaruhnya sebesar 53,8%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiipsi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia [e-ISSN 2775-104X, p-ISSN 2775-037X] diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial di bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Jurnal ini ...