Judul PkM ini adalah “Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa Melalui Interpretasi Puisi pada Siswa SMP SAQUIN”. Tujuan PkM ini adalah meningkatkan nilai-nilai spiritual, daya berfikir kritis, dan keterampilan komunikasi berbahasa Inggris peserta didik mereka. Tim PkM Universitas Pamulang yang terdiri dari 4 dosen dan 5 mahasiswa telah melakukan investigasi untuk menganalisis permasalahan dan melakukan kajian pustaka. Hasil dari kajian pustaka menuntun tim PkM untuk menerapkan strategi think-pair-share (TPS) dengan menggunakan puisi berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Puisi tersebut memuat nilai-nilai spiritual. Isi dari puisi tersebut dipandang sebagai sebuah design pembelajaran bahasa Inggris yang efektif untuk peserta. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa memadukan metode TPS dan media puisi berbahasa Inggris yang memuat nilai-nilai spiritual dapat membantu peserta didik untuk memahami makna dari isi puisi berbahasa Inggris sehingga keterampilan berbahasa Inggris dan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai spiritual meningkat. Peningkatan keterampilan Bahasa Inggris siswa meliputi kemampuan berbicara, menulis, mendengar, dan membaca. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa peserta didik mendapat tiga manfaat yaitu, kemampuan berpikir kritis, peningkatan pemahaman nilai-nilai spiritual, dan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan memiliki tiga keuntungan ini, siswa dapat merasa percaya diri dan hal inilah yang akan meningkatkan minat belajar siswa terhadap Bahasa Inggris.
Copyrights © 2023