JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Norma Kesopanan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi

Ardilla Yolanda (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi)
Rasimin Rasimin (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi)
Hera Wahyuni (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ditemukan dilapangan pada saat ini yaitu perubahan tingkah laku yang terjadi pada remaja awal yang dilihat dari cara berbicara berinteraksi dengan lembut, saling bertegur sapa yang baik dan berperilaku yang sopan dilingkungan, masyarakat dan sekolah yang menjadikan faktor pendukung yang mempengaruhi norma kesopanan. Hal ini didapatkan dari hasil instrumentasi terhadap siswa, dan wawancara dengan salah satu guru Bimbingan dan Konseling yang ada disekolah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat norma kesopanan siswa didalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dibatasi pada norma kesopanan siswa yang dilihat pada enak aspek yaitu pengajaran orangtua, masyarakat, interaksi dengan guru, teman sebaga kesadaran diri, dan pemahaman sopan santun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 139 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen angket dengan tiga indikator yang dimuat dengan 27 item. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan data diperoleh indikator "faktor lingkungan" masuk dalam kategori "sedang" dengan persentase "58,38%". Pada indikator "faktor sekolah" masuk kategori "Tinggi" dengan persentase "59,57%. Dan pada indikator "faktor pribadi" masuk kekategori "Sedang” dengan persentase"46,2%". Secara keseluruhan norma kesopanan siswa berada pada kategori sedang dengan persentase(54,3%). Hasil analisis yang diperoleh memberikan implikasi terhadap layanan bimbingan kelompok dan konseling dalam upaya lebih melekatkan dan menanamkan dalam berprilaku sopan santun dalam kehihidupan sehari-hari bahkan dalam hal sekecil apapun. Karena perilaku yang mempengaruhi norma kesopanan sangat berpengaruh didalam diri seseorang dan juga orang yang ada disekitarnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...