Borneo Journal of Science and Mathematics Education
Vol 2 No 3 (2022): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, October 2022

Engineering Design Process pada STEM melalui Authentic PBL dan Asesmen Formatif : Meninjau Desain Argumentasi Ilmiah Siswa Terkait Termodinamika

Oktavianus Deke (Universitas Katolik Weetebula)
Aurelia Astria I. Jewaru (Universitas Katolik Weetebula)
Yohanis Umbu Kaleka (Universitas Katolik Weetebula)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi Termodinamika melalui EDP-authentic PBL dan asesmen formatif. Metode yang digunakan yaitu mixed method dengan sampel 32 siswa kelas XI IPA di Sumba Barat (NTT). Instrumen tes Argumentasi Ilmiah terdiri dari 5 butir soal essay dengan reliabilitas 0,728. Analisis kuantitatif berdasarkan data pretest dan posttest menggunakan uji Paired Samples Test, N-gain, dan effect size. Data kualitatif dari hasil jawaban siswa, wawancara dan observasi. Argumentasi ilmiah siswa dikategorikan berdasarkan level 1 (sangat lemah), level 2 (lemah), level 3 (cukup kuat), level 4 (kuat), dan level 5 (sangat kuat). Hasil kemampuan argumentasi ilmiah siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan N-gain = 0,60 (kategori sedang), dan effect size = 3,86 (kategori kuat). Rata-rata tingkat argumentasi ilmiah siswa dari sangat lemah (pretest) menjadi cukup kuat (posttest). Selain itu, siswa masih mengalami kesulitan dalam membuat komponen-komponen argumentasi saling berkaitan. Penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan aspek “Seni” dan “Agama”, menjadi pendekatan STREAM dalam upaya membangun kemampuan argumentasi ilmiah yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bjsme

Publisher

Subject

Chemistry Education Health Professions Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Public Health

Description

Borneo Journal of Science and Mathematics Education the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education.The publication of an article in Borneo Journal ...